Aplikasi Terbaik untuk Meeting Online Selama Pandemi dan Berkelanjutan

  • Whatsapp

Masa pandemi atau Covid-19 mengubah banyak kebiasaan bagi warga Indonesia. Tidak hanya warga Indo, tapi juga semua penduduk dunia.

Tidak jarang pula yang lebih memilih menggunakan aplikasi terbaik untuk meeting online dalam berbagai kegiatan yang mengumpulkan banyak orang.

Karena sesuai protokol dan anjuran pemerintah segala kegiatan yang melibatkan banyak orang dianjurkan untuk dihindari.

Meskipun sebenarnya bisa juga dengan pilihan mengikuti protokol kesehatan, namun tetap saja dalam masa pandemi seperti sekarang ini rasanya cukup mengkhawatirkan jika harus melakukan kegiatan langsung di luar.

Belum lagi harus melalui perizinan yang cukup ketat jika tidak menggunakan ruangan atau gedung pribadi, bahkan dengan menggunakan gedung pribadi juga tetap saja menjadi kekhawatiran tersendiri.

Dalam keadaan dan kondisi apapun ada beberapa hal yang pada dasarnya tidak dapat ditinggalkan misalnya saja perihal pekerjaan, perkuliahan, dan juga berbagai aktivitas lainnya yang sifatnya sangat penting.

Terkecuali ada kebijakan khusus dari pimpinan atau atasan. Untuk itu, saat ini banyak sekali pilihan aplikasi terbaik untuk meeting online yang dapat digunakan.

Maka dari itu, bagi Anda yang saat ini sedang mengalami atau berada pada posisi tersebut maka sebaiknya mengenal beberapa aplikasi berikut ini untuk rapat online:

Zoom Cloud Meeting

Zoom Cloud Meeting

Ini merupakan salah satu aplikasi yang pasti sebagian orang bahkan hampir tidak ada orang yang mungkin tidak mendengarnya. Sebab seiring dengan adanya pandemi ini, sepertinya aplikasi zoom merupakan salah satu yang banyak digunakan.

Jika Anda perhatikan banyak webinar-webinar yang memanfaatkan aplikasi yang satu ini dalam penyelenggaraannya.

Mengingat penggunaan Zoom yang terbilang cukup sederhana. Bahkan tanpa Anda mendaftarkan akun terlebih dahulu, Anda dapat langsung mengikuti sebuah rapat online atau zoom meeting dalam istilah aplikasi ini dengan hanya mengklik undangan yang disertakan pada Anda.

Hanya saja apabila Anda sebelumnya belum mendaftarkan diri atau registrasi maka Anda tidak akan mendapatkan layanan lebih.

Misalnya saja Anda tidak dapat mengubah foto profil atau keterangan profil yang Anda miliki.

Keuntungan lain dari aplikasi yang satu ini adalah dapat menampung banyak peserta hingga 100 peserta lebih dengan durasi yang cukup lama.

Tidak heran jika banyak yang memilih zoom untuk acara webinar, kuliah online, maupun rapat online.

Skype

Skype

Aplikasi terbaik untuk meeting online selanjutnya yang bisa menjadi pilihan untuk Anda adalah Skype.

Mungkin banyak dari Anda yang sebelumnya pernah mendengar aplikasi yang satu ini meskipun bukan menjadi salah satu usernya. Tidak heran jika Skype cukup banyak dikenal sebab penggunanya sudah mencapai angka di atas ratusan juta yaitu sebesar 250 juta.

Jika sebelumnya Anda hanya mendengar jika Skype semacam aplikasi untuk video call dan juga panggilan suara secara virtual, namun sebenarnya Skype dapat digunakan untuk video call yang lintar platform sehingga dapat menjadi pilihan untuk meeting online.

Ditambah lagi dengan banyak fitur menarik lainnya.

Bagi Anda yang merasa tidak ingin terganggu privasinya, maka Skype memiliki opsi yang sama seperti Zoom Cloud Meeting yaitu dapat menikmati layanan video call tanpa harus melakukan registrasi dan tanpa Anda menghubungkan ke nomor handphone Anda.

Cukup dengan fitur Meet Now maka Anda sudah dapat bergabung ke dalam peserta rapat online yang dapat menampung kapasitas peserta sebanyak 25 peserta.

Dengan kapasitas yang hanya sedikit maka aplikasi yang satu ini lebih cocok untuk meeting dalam skala kecil misalnya saja dalam divisi kerja yang hanya melibatkan beberapa orang.

Namun aplikasi ini memiliki fitur beragam yang tidak kalah, sebab merupakan aplikasi besutan dari Microsoft. Tidak heran namanya sudah melambung lebih dulu.

Baca juga: Cara menggunakan Skype untuk meeting online.

Google Hangouts Meet

Google Hangouts Meet

Bagi Anda para akademisi, dosen, atau para peneliti yang memiliki akun Google Scholar maka aplikasi yang satu ini lebih cocok untuk Anda gunakan. Sebab Google Hangouts Meet sebagai aplikasi yang dirilis oleh Google memiliki keistimewaan terintegrasi dengan Google Scholar.

Melalui jumlah kapasitas sebanyak 250 pengguna yang dapat terhubung dalam rapat online, maka aplikasi Google Hangouts Meet ini tidak kalah menarik dengan aplikasi Zoom.

Aplikasi yang satu ini juga dilengkapi dengan text to speech serta keistimewaan lainnya adalah terhubung dengan Google Calendar.

Dengan demikian bagi Anda yang terkadang lupa terhadap tanggal rapat bisa menggunakan alternatif ini.

Cisco Webex

Cisco Webex

Aplikasi yang jarang dikenal banyak orang ini ternyata merupakan salah satu aplikasi yang justru paling sering digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar sebab memiliki keistimewaan khusus yaitu dengan dukungan dari Google Assistant dan juga Google Home Hub.

Tidak heran jika banyak perusahaan besar yang menggunakan aplikasi ini.

Aplikasi ini juga memiliki fitur berupa papan virtual yang dapat digunakan untuk menggambar, fitur untuk unggah dokumen, hingga fitur perekam video pada saat terjadi atau berlangsung percakapan video.

Bagi Anda yang tertarik untuk mengunduh aplikasi ini bisa di download oleh pengguna Android dan juga iOS.

Facetime

Bagi Anda para pecinta produk Apple seperti iPhone, Ipod Touch, atau iPad maka pilihan untuk sebuah aplikasi yang dapat digunakan dalam rapat online adalah Facetime. Karena hanya dapat digunakan oleh para pengguna produk Apple.

Aplikasi yang satu ini dapat menampung orang hingga sebanyak 32 orang sekaligus dalam sebuah panggilan video.

Aplikasi yang satu ini juga memiliki fitur untuk menggunakan kamera depan serta belakang yang bisa diperlihatkan sesuai pilihan Anda selama berlangsung panggilan video.

Itulah beberapa aplikasi terbaik untuk meeting online yang bisa Anda gunakan. Pilih saja sesuai dengan kebutuhan Anda, dan pastikan pada saat Anda mendownloadnya maka Anda bisa menggunakannya atau minimal mengetahui segala jenis menu yang ada pada aplikasi tersebut.

Penggunaan aplikasi yang berbasis online ini pun, sebenarnya akan menjadi suatu kebiasaan baru yang bisa berkelanjutan ke depan.

Anggap saja saat ini sebagai salah satu peralihan atau masa transisi dimana masyarakat harus mulai terbiasa dengan kegiatan yang bersinggungan dengan teknologi.

Sebab era industri 4.0 ini harus dimanfaatkan dengan baik dan jangan sampai kita sebagai manusia tidak mengikuti perkembangan yang ada.

Pilihan menggunakan aplikasi adalah salah satu yang bisa jadi alternatif. Sebab saat ini hampir semua orang memiliki ponsel pintar atau smartphone yang dapat terhubung secara langsung pada internet.

Akan sangat disayangkan apabila penggunaan smartphone tidak dimaksimalkan. Sesuatu yang bisa dilakukan lebih sederhana misalnya saja bisa dengan bantuan teknologi, mengapa harus tetap menggunakan cara yang klasik?

Dengan menggunakan aplikasi untuk rapat online juga bisa menampung banyak orang dan dilakukan lebih sederhana setiap orang dapat di rumah masing-masing asalkan dapat mengakses internet dan juga handphone yang digunakan support terhadap aplikasi yang dianjurkan untuk digunakan tersebut.

Gravatar Image

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *