Cara Mengatasi Lupa Sandi Facebook Terbaru 2020

  • Whatsapp

Di antara kita mungkin pernah mengalami lupa kata sandi dari salah satu social media yang kita gunakan, misalkan Facebook. Lupa kata sandi merupakan hal yang normal, apalagi jika Anda memiliki banyak akun social media.

Tetapi tenang dulu, Anda tidak perlu berkeluh kesah jika lupa kata sandi akun Facebook Anda karena terdapat beberapa cara mengatasi lupa sandi Facebook.

Berbagai faktor penyebab lupa kata sandi Facebook biasa ditemukan di kalangan para penggunanya.

Bagi sebagian besar masyarakat, Facebook masih menjadi salah satu pilihan utama social media sehingga banyak yang rutin menggunakannya dan tidak perlu log out atau log in berulangkali dari Facebook.

Hal ini bisa saja menjadi faktor penyebab lupa kata sandi karena Anda jarang mengetikkan kata sandi untuk log in.

Jika Anda jarang atau bahkan tidak pernah login namun suatu ketika Anda harus login akun Anda, lupa atau bahkan tidak tahu apa kata sandinya merupakan hal yang lumrah terjadi.

Untuk itu, artikel ini akan membahas mengenai cara mengatasi lupa sandi facebook.

Langkah-langkah Mengatasi Lupa Sandi Facebook

Sebenarnya telah tersedia beberapa cara mengatasi lupa sandi Facebook yaitu mereset kata sandi melalui nomor HP ataupun menggunakan alamat email.

Sebelum melangkah pada tahapan mengatasi lupa sandi Facebook, terdapat informasi mengenai kondisi atau permasalahan yang sering dihadapi pengguna social media ini ketika melupakan kata sandinya.

Berikut permasalahan yang sering dijumpai pengguna lupa password Facebook:

  • Tidak ingat kata sandi Facebook dan nomor HP atau email aktif yang sudah terdaftar di Facebook.
  • Tidak ingat kata sandi facebook dan nomor HP sudah tidak aktif alias mati.
  • Lupa kata sandi Facebook tanpa email.

Pengguna Facebook biasanya akan memverfikasi akunnya dengan menggunakan email atau nomor.

Nah, jika terdapat salah satu diantara email atau nomor HP yang terdaftar dan masih dapat digunakan, maka cara mengatasi lupa sandi Facebook yang bisa Anda lakukan adalah sebagai berikut:

1. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mengunjungi website Facebook.

Untuk Anda yang menggunakan HP untuk mengembalikan password yang lupa, tenang saja, cara yang digunakan sama dengan jika Anda mengaksesnya lewat laptop atau komputer.

2. Setelah berada di halaman depan Facebook, terdapat pilihan “Lupa akun?” di bawah kolom Kata Sandi. Selanjutnya klik pilihan “Lupa akun?” tersebut.

3. Anda akan diteruskan pada halaman lupa kata sandi. Pada halaman ini terdapat tampilan “Temukan Akun Anda”. Untuk itu Anda perlu mengisikan alamat email atau nomor telepon untuk mencari akun Anda. Kemudian klik pada tombol biru “Cari”.

cara mengatasi lupa sandi facebook_1

4. Selanjutnya Anda akan diteruskan pada halaman baru untuk memilih metode pengiriman kode reset kata sandi.

cara mengatasi lupa sandi facebook_2

Jika Anda pernah masuk facebook dengan beberapa cara, misal dengan nomor HP atau menggunakan email maka biasanya muncul beberapa pilihan metode pengiriman.

Pilih bullet pada pilihan email saja yang lebih aman atau pada pilihan nomor yang Anda yakin betul bahwa nomor tersebut adalah nomor Anda. Kemudian klik tombol biru “Lanjutkan”.

cara mengatasi lupa sandi facebook_3

5. Cek email Anda segera dan buka email masuk yang dikirimkan oleh email Facebook yang resmi. Temukan kode untuk mereset password Facebook Anda.

6. Salin kode yang tertera pada email kemudian kembali pada laman pemulihan Facebook. Paste kode keamanan pada kolom yang disediakan. Kemudian klik tombol “Lanjutkan”

7. Selanjutnya Anda akan diteruskan pada laman pilih kata sandi baru. Pada laman ini masukkan password yang akan Anda gunakan.

Agar tidak lupa atau salah, Anda bisa memunculkan password yang Anda tulis dengan menekan “Tampilkan”. Jika Anda sudah yakin mengingat kata sandi tersebut, klik “Lanjutkan”.

cara mengatasi lupa sandi facebook_5

8. Jika berhasil, Anda akan diteruskan pada halaman beranda Facebook Anda.

Baca juga: Cara mengembalikan akun Facebook yang diblokir, Cara hapus akun FB, Cara efektif beriklan di FB, Cara download video di FB, Solusi Facebook dibajak.

Mengatasi lupa sandi Facebook tanpa menggunakan email atau nomor HP

Terdapat cara untuk masuk kembali ke akun facebook Anda bahkan tanpa menggunakan email atau nomor hp sekalipun.

Bagi yang memiliki permasalahan ini, tidak memiliki email maupun nomor aktif yang terdaftar di Facebook, Anda dapat mengatur ulang password facebook dengan cara berikut ini:

1. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mengunjungi website Facebook dengan menggunakan browser ataupun aplikasi di smartphone Anda.

Cara untuk mengatur ulang facebook tanpa menggunakan email maupun nomor telepon aktif yang dilakukan menggunakan perangkat smartphone ataupun melalui laptop sebenarnya sama dan bisa dikatakan tidak berpengaruh dari mana Anda mengaksesnya.

2. Klik pada menu “Lupa Akun” yang berada di bawah kolom kata sandi.

3. Langkah ketiga, masukkan nomor HP atau alamat email yang digunakan untuk mendaftar Facebook.

Meskipun Anda tidak memiliki email ataupun nomor HP yang masih aktif, Anda tetap harus mengisikan bagian ini. Jika Anda tidak mengisi maka Anda tidak bisa melanjutkan pada langkah selanjutnya.

4. Klik pada pilihan “Tidak Punya akses ke sini lagi

Setelah mengisikan nomor HP atau alamat email, Anda akan dilanjutkan pada pemilihan metode. Pada tahap ini klik pada pilihan “Tidak punya akses ke sini lagi?

5. Langkah selanjutnya tuliskan alamat email atau nomor HP yang baru

Anda akan diteruskan pada halaman baru setelah melakukan tahapan ke-4.

Pada halaman ini, Anda akan mengisi alamat email atau nomor HP aktif yang Anda gunakan. Sebaiknya gunakan nomor atau alamat email yang belum pernah Anda gunakan untuk mendaftar akun Facebook Anda yang lain.

Baca juga: Cara hapus akun facebook.

6. Menjawab rangkaian pertanyaan

Langkah ini dilakukan sebagai perlindungan keamanan Anda. Biasanya saat Anda membuat akun Facebook pertama kali, terdapat pertanyaan salah satunya adalah “Di kota mana Ibu Anda lahir”.

Terdapat pertanyaan lain juga seperti “Apa nama hewan peliharaan Anda?”.

Ingat-ingat kembali pertanyaan yang pernah Anda jawab saat tahap pembuatan Facebook karena pertanyaan-pertanyaan itu muncul di tahap ini. Pastikan Anda menjawabnya dengan sesuai dan benar. Jika sudah mengisi semua pertanyaan, klik pada tombol biru “Lanjutkan”.

7. Atur kata sandi baru

Setelah melewati tahapan pertanyaan keamanan dengan jawaban yang benar, Anda akan diteruskan pada halaman pengaturan kata sandi yang baru.

Biasanya Anda akan menulis password baru sebanyak dua kali. Supaya tidak lupa password baru Anda kali ini, sebaiknya screenshot terlebih dahulu atau tulis password di dalam catatan Anda yang tidak dapat dilihat orang lain dengan mudah karena password bersifat rahasia.

Setelah mengatur kata sandi baru, kemudian klik “Lanjutkan”. Jika berhasil, maka Anda akan segera disambungkan dengan halaman beranda Facebook Anda.

Gravatar Image

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *