Tips Cara Beriklan di Facebook Secara Efektif dan Hemat Budget

  • Whatsapp

Memahami cara memanfaatkan Iklan Facebook dan mencari tips cara beriklan di Facebook menjadi bagian pokok dari hampir setiap strategi media sosial.

Dan jika Anda ingin membuat postingan Anda dapat dilihat di Facebook, maka semakin besar kemungkinan Anda harus membayar biaya untuk menggunakan fitur Iklan Facebook.

Iklan berbayar di Facebook tampaknya menjadi salah satu cara paling cepat untuk memengaruhi jangkauan konten Anda. Namun langkah ini juga bukan tanpa pertanyaan.

Seberapa baik sebenarnya dampaknya? Hasil seperti apa yang Anda dapatkan? Dan apa yang bisa Anda harapkan dari uang hasil jerih payah Anda?

Dalam artikel ini, kami akan membagikan kepada Anda semua yang perlu Anda ketahui tentang tips cara beriklan di Facebook.

Cara Mengatur Campaign Iklan Facebook

Langkah 1: Tetapkan tujuan untuk Iklan Facebook Anda

Sebelum Anda masuk dan membuat iklan, penting untuk terlebih dahulu memikirkan mengapa Anda beriklan dan apa yang ingin Anda capai. Dengan menetapkan sendiri beberapa sasaran sebelum ditayangkan dengan iklan, Anda juga perlu memiliki standar untuk mengukur kesuksesan Anda.

Misalnya, jika Anda ingin meningkatkan unduhan aplikasi seluler Anda melalui Iklan Facebook, Anda dapat menetapkan target 100 unduhan di bulan pertama.

Langkah ini juga akan membantu Anda dalam memilih tujuan yang tepat dalam membuat campaign Iklan Facebook Anda. Beberapa contoh target yang perlu diperhatikan antara lain:

  • Meningkatkan traffic ke situs web dari Facebook.
  • Meningkatkan tingkat kehadiran di event.
  • Menghasilkan prospek baru.
  • Meningkatkan jangkauan konten di Facebook.
  • Meningkatkan keterlibatan untuk Halaman Facebook.

Langkah 2. Buka Facebook Ads Manager

Semua campaign iklan Facebook dijalankan melalui tools yang dikenal dengan nama Facebook Ads Manager, yang dapat Anda akses melalui tautan langsung di facebook.com/adsmanager/, atau dengan mengklik “Kelola Iklan” di menu tarik-turun (drop-down) di akun Facebook Anda, atau dengan mengklik CTA di Halaman Facebook Anda.

Setelah masuk ke laman ini, Anda dapat menavigasi halaman dengan menu di sisi kiri. Untuk membuat iklan pertama Anda, klik tombol hijau (“Buat”) di kiri atas halaman.

Langkah 3. Pilih Tujuan Pembuatan Iklan

Tips cara beriklan di Facebook yang satu ini sangat penting. Ketika Anda mengklik untuk membuat Iklan di Facebook, Anda akan pindah ke halaman tempat Anda memilih tujuan untuk campaign Anda. Ada 15 opsi yang mungkin akan ingin Anda capai.

tujuan iklan_1

Dengan Facebook, Anda memiliki banyak jalur untuk memilih potensi outcome dari campaign iklan Anda. Hasil yang didapatkan biasanya dapat termasuk dalam tiga kategori berikut:

Awareness

Hasil yang ini biasanya adalah tentang menghasilkan minat pada produk atau layanan Anda:

  1. Meningkatkan view dari postingan.
  2. Mempromosikan halaman.
  3. Menjangkau orang-orang di dekat area bisnis.
  4. Meningkatkan Kesadaran akan Merek.
  5. Meningkatkan jangkauan.

Tips: Untuk anggaran yang kecil, Anda mungkin akan mendapatkan hasil yang maksimal dari jenis iklan yang mengedepankan awareness.

Consideration (Pertimbangan)

Tujuan dari campaign iklan ini diharuskan dapat mampu membuat orang mulai memikirkan bisnis Anda dan mencari informasi lebih lanjut tentangnya:

  1. Mengirim orang ke tujuan di atau diluar Facebook.
  2. Mendapatkan jalan untuk menginstal aplikasi.
  3. Meningkatkan tingkat kehadiran di event.
  4. Mendapatkan peningkatan penayangan video.
  5. Mengumpulkan prospek untuk bisnis.

Konversi

Tujuan dari tips cara beriklan di Facebook ini mendorong orang yang tertarik pada bisnis Anda untuk membeli atau menggunakan produk serta layanan Anda:

  1. Meningkatkan konversi ke situs web.
  2. Meningkatkan keterlibatan dalam aplikasi.
  3. Memancing orang untuk mengklaim penawaran.
  4. Mempromosikan produk atau katalog.
  5. Meningkatkan minat orang untuk mengunjungi toko.

Setelah memilih tujuan pembuatan iklan di Facebook, Anda akan diminta untuk memberi nama campaign Anda.

Langkah 4: Tentukan Audiens dan Budget

Menyesuaikan audience dan target

Menyesuaikan audience dan target

Langkah ini sangat penting untuk keberhasilan campaign Iklan Facebook Anda. Audiens untuk iklan Anda dapat disesuaikan berdasarkan semua demografi berikut:

  1. Lokasi, dimulai dengan negara, provinsi, kota, kode pos, atau alamat, dan setting detail lebih jauh dengan jarak.
  2. Usia.
  3. Jenis kelamin.
  4. Bahasa.
  5. Minat – Facebook dapat melihat minat seseorang, aktivitas, Halaman yang mereka sukai, dan topik yang berkaitan erat dengan profil.
  6. Perilaku – Hal-hal seperti perilaku pembelian dan intensi, serta penggunaan perangkat.
  7. Koneksi – Pilih untuk menampilkan iklan kepada semua orang.

Selain itu, dengan pengaturan Koneksi, Anda dapat memilih penargetan lanjutan, yang memungkinkan Anda menyertakan atau mengecualikan orang yang terhubung ke halaman, aplikasi, atau acara tertentu.

Anda juga dapat lebih lanjut menyesuaikan penargetan Anda menggunakan pemirsa khusus untuk menargetkan kembali orang-orang yang telah berinteraksi dengan bisnis Anda.

Facebook juga biasanya akan merekomendasikan untuk mempersempit jangkauan Anda dengan cara yang ditargetkan untuk memaksimalkan dampak dari iklan Anda.

Menetapkan Anggaran

Setelah Anda memilih audiens dan target iklan Anda, Anda selanjutnya perlu memilih berapa banyak yang ingin Anda belanjakan untuk iklan Anda.

Saat Anda menetapkan anggaran, penting untuk diingat bahwa angka ini mewakili jumlah maksimum uang yang ingin Anda belanjakan. Anda juga dapat menetapkan anggaran ke pengeluaran Harian atau Seumur Hidup:

  • Harian: Anggaran harian adalah rata-rata yang akan Anda belanjakan setiap hari.
budget2
  • Seumur Hidup: Anggaran seumur hidup adalah jumlah maksimum yang akan Anda belanjakan selama masa iklan Anda tayang di Facebook.
budget

Langkah 5: Membuat Iklan

Semua tips cara beriklan di Facebook akan mengerucut pada tahap ini! Sekarang saatnya untuk memilih gambar (atau video), judul, teks isi, dan di mana iklan Anda akan ditampilkan di Facebook.

Untuk teks, Anda mendapatkan jatah 90 karakter untuk membagikan pesan yang akan muncul di atas gambar atau video.

Ada dua cara untuk membuat iklan di Facebook. Pertama, menggunakan postingan yang ada atau membuat iklan yang baru. Berikut ini adalah penjelas sekilas pada kedua opsi tersebut.

Menggunakan Postingan yang Ada

Gunakan Posting yang Ada

Untuk jenis iklan tertentu, seperti meningkatkan jumlah view dari postingan, Anda dapat membuat iklan dengan menggunakan postingan yang sudah ada dan yang telah dibagikan di Halaman Facebook Anda.

Untuk melakukan ini, pilih opsi ‘Gunakan Posting yang Ada’ dari dasbor Facebook Ads Manager.

Dari sini, Anda dapat memilih Halaman dari mana Anda ingin memilih posting dan memilih satu posting dari Halaman tersebut untuk digunakan sebagai iklan Anda.

Membuat Iklan yang Baru

Jika Anda ingin membuat iklan dari kanvas kosong, tugas pertama adalah memilih format yang ingin Anda gunakan untuk iklan Anda.

Iklan Facebook terlihat sedikit berbeda tergantung pada hasil yang Anda inginkan. Facebook saat ini menawarkan 5 format untuk iklan:

  • Carousel: Membuat iklan dengan 2 gambar atau lebih atau video yang dapat digulir.
  • Gambar tunggal: Membuat hingga 6 variasi iklan menggunakan 1 gambar.
  • Video tunggal: Membuat iklan dengan satu file video.
  • Slideshow: Membuat iklan video perulangan dengan 10 gambar.
  • Canvas: Ceritakan kisah yang lebih mendalam dengan menggabungkan gambar dan video.

Catatan: Format yang tersedia untuk Anda akan bervariasi berdasarkan pada tujuan yang Anda tetapkan untuk iklan Anda pada Langkah ketiga diatas.

Setelah format dipilih, Anda perlu menambahkan konten ke iklan Anda (gambar atau video dan salinannya). Bagian ini sangat penting untuk membuat iklan Anda menonjol di dalam feed Facebook atau Instagram.

Jika iklan Anda akan sukses, Anda perlu memastikan gambar pilihan Anda cukup menarik untuk membuat orang ingin mengklik iklan tersebut.

Spesifikasi gambar atau video yang direkomendasikan biasanya ditempatkan di sebelah area pada layar tempat Anda mengunggah konten Anda, tetapi aturan praktis yang dapat Anda ikuti:

Spesifikasi gambar:

  • Ukuran gambar yang disarankan: 1200 x 628 piksel.
  • Rasio gambar: 1.91: 1.
  • Untuk memaksimalkan iklan, gunakan gambar yang mengandung sedikit atau nyaris tidak ada teks overlay.

Spesifikasi video:

  • Format: file .MOV atau .MP4.
  • Resolusi: setidaknya 720p.
  • Ukuran file: maks 2,3 GB.
  • Rasio aspek yang disarankan: layar lebar (16: 9).
  • Facebook: Maks 60 menit.
  • Instagram: Maks 60 detik.

Langkah 6: Pilih Posisi Penempatan Iklan

Penempatan iklan akan menentukan di mana iklan Anda akan ditampilkan dan dengan Iklan di Facebook, Anda dapat memilih di mana lokasi iklan Anda akan muncul.

posisi iklan

Iklan dapat muncul di News Feed seluler, News Feed desktop, dan kolom kanan. Anda juga dapat membuat iklan untuk ditampilkan di Instagram.

Facebook merekomendasikan penggunaan penempatan default untuk tujuan yang Anda pilih, yang memungkinkan Facebook untuk mengoptimalkan penempatan iklan guna mendapatkan hasil terbaik dengan biaya rata-rata keseluruhan yang termurah.

Namun, jika Anda ingin memilih penempatan Anda sendiri, Facebook merekomendasikan pilihan berikut. Opsi ini biasanya dikelompokkan berdasarkan tujuan campaign iklan Anda:

  • Meningkatkan campaign kesadaran brand (termasuk pembelian Jangkauan & Frekuensi): Facebook dan Instagram.
  • Meningkatkan view posting Anda (termasuk Jangkauan & Pembelian Frekuensi): Facebook dan Instagram.
  • Mendapatkan peningkatan penayangan video (termasuk Pembelian Jangkauan & Frekuensi): Facebook dan Instagram.
  • Meningkatkan jumlah instal aplikasi: Facebook dan Instagram.
  • Meningkatkan keterlibatan dalam aplikasi: Facebook.
  • Promosikan katalog produk: Facebook.
  • Meningkatkan konversi traffic ke situs: Facebook.
  • Mengirim orang ke situs: Facebook.

Langkah 7: Tempatkan pesanan Anda

Tips cara beriklan di Facebook berakhir di tahapan ini. Pada tahap ini, iklan Anda telah siap untuk digunakan. Untuk mengirimkan iklan Anda, klik tombol ‘Pesan’ di sudut kanan bawah halaman.

Setelah iklan Anda dikirimkan, iklan tersebut akan ditinjau oleh Facebook sebelum dapat ditayangkan. Anda biasanya akan menerima email konfirmasi dari Facebook setelah iklan mulai ditayangkan.

Untuk memberikan sedikit konteks tentang apa yang dapat dicapai dengan Iklan di Facebook, banyak dari review menjalankan percobaan untuk melihat seberapa besar dampak dari membuat iklan di Facebook. 

Satu catatan terakhir sebelum menutup artikel tips cara beriklan di Facebook ini, Anda mungkin akan perlu untuk melihat bagaimana pengalaman beriklan dengan tolok ukur Iklan Facebook secara keseluruhan.

Aplikasi WordStream dapat menganalisis kinerja Iklan Facebook dari dan menghasilkan banyak tolok ukur kinerja yang bermanfaat.

Demikianlah semoga artikel dapat menjadi panduan yang berguna untuk membuat Iklan Facebook dan kami berharap tolok ukur yang Anda pilih juga terbukti menjadi tongkat pengukur yang berguna untuk apa yang dapat dicapai dengan anggaran yang terbatas.

Selamat mencoba!

Gravatar Image

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *