secondrunreviews.com – Kurikulum Berbasis Keterampilan ( KBK ) adalah pendekatan dalam pengembangan kurikulum yang menekankan pada pengembangan keterampilan. Berikut adalah beberapa informasi tentang Kurikulum Berbasis Keterampilan ( KBK ) :

  1. Fokus pada Keterampilan Abad ke-21:

    Kurikulum berbasis keterampilan menekankan pengembangan keterampilan yang relevan untuk abad ke-21, seperti pemecahan masalah, kreativitas, kolaborasi, komunikasi, literasi digital, keterampilan interpersonal, dan kritis. Baca Juga Budaya

  2. Integrasi Keterampilan juga dalam Kurikulum:

    Dalam kurikulum berbasis keterampilan, keterampilan tersebut di integrasikan ke dalam pembelajaran di berbagai mata pelajaran, bukan hanya di ajarkan secara terpisah. Ini memungkinkan siswa untuk mengembangkan keterampilan dalam konteks yang relevan dan bermakna. Baca Juga Olahraga Extreme

  3. Pembelajaran Berpusat juga pada Siswa:

    Kurikulum berbasis keterampilan sering kali mengadopsi pendekatan pembelajaran berpusat pada siswa, di mana siswa aktif terlibat dalam proses pembelajaran, membangun pengetahuan mereka sendiri, dan mengembangkan keterampilan melalui pengalaman langsung.

  4. Pendekatan Interdisipliner:

    Kurikulum berbasis keterampilan mendorong pendekatan interdisipliner, di mana siswa belajar tentang topik tertentu melalui lensa berbagai disiplin ilmu, memungkinkan mereka untuk membuat hubungan dan mengembangkan pemahaman yang lebih holistik.

  5. Pengembangan Keterampilan Seumur Hidup:

    Salah satu tujuan utama kurikulum berbasis keterampilan adalah membekali siswa dengan keterampilan yang di perlukan untuk belajar seumur hidup, sehingga mereka dapat terus berkembang dan berhasil dalam dunia yang terus berubah.

  6. Evaluasi Berbasis Kinerja:

    Evaluasi dalam kurikulum berbasis keterampilan sering kali di dasarkan pada kinerja siswa dalam menunjukkan penggunaan keterampilan dalam konteks yang relevan. Ini dapat mencakup proyek, portofolio, atau penugasan yang memerlukan aplikasi keterampilan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *